Pengertian Kodrat keadaan dalam Kurikulum Merdeka


Kodrat keadan



merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid

yang terdiri dari dua hal yaitu:

  1. kodrat alam adalah  dasar pendidikan murid yang berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan mereka dimana mereka berada dengan kodrat alam.
  2. Kodrat  zaman adalah dasar pendidikan murid yang berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan mana mereka berada dengan kodrat alam


Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa Segala perubahan yang terjadi pada murid dihubungkan dengan kode keadaan baik alam maupun zaman 


maka pembelajaran yang diterima murid sebaiknya mampu membantu mendekatkannya dengan konteks atau kodrat alam nya Bukan menjauhkan.untuk memberikan ilmu dan wawasan konteks di mana murid tinggal dan hidup,



Ki Hajar Dewantara mengatakan dalam melakukan perubahan dibutuhkan prinsip,prinsip untuk mengatasi hal tersebut yaitu asas tricon




  1. kontinuitas yaitu tidak melupakan akar nilai budaya kebudayaan merupakan keharusan lanjutan langsung dari kebudayaan itu sendiri.
  2. konvergen yaitu pendidikan harus memanusiakan manusia,konvergensi kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia atau kemanusiaan.
  3. konsentris yaitu pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan murid

konsentris harus mempunyai karakteristik dan sifat kepribadian sendiri sebagai pusatnya dalam lingkungan kebudayaan dunia atau kemanusiaan.


maka dengan menggunakan asas tricon sebagai prinsip melakukan perubahan kebudayaan bangsa Indonesia tidak akan Tertinggal.

kebudayaan Indonesia akan berjalan beriringan dengan kebudayaan lain dan memiliki karakter dan ciri khasnya sendiri

MADING

Pembelajaran Menggunakan Media

Link Dan Publikasi Iklan

Media Tanam Arang Sekam

Foto: Dari Mang Emul : .
Bilih Bade Pesen
Arang Sekam
wa..wenyahh mang emulna

Galangan Dana Pembangunan Pondok Pesantren