Pengertian Kodrat keadaan dalam Kurikulum Merdeka
Kodrat keadan
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid
yang terdiri dari dua hal yaitu:
- kodrat alam adalah dasar pendidikan murid yang berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan mereka dimana mereka berada dengan kodrat alam.
- Kodrat zaman adalah dasar pendidikan murid yang berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan mana mereka berada dengan kodrat alam
Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa Segala perubahan yang terjadi pada murid dihubungkan dengan kode keadaan baik alam maupun zaman
maka pembelajaran yang diterima murid sebaiknya mampu membantu mendekatkannya dengan konteks atau kodrat alam nya Bukan menjauhkan.untuk memberikan ilmu dan wawasan konteks di mana murid tinggal dan hidup,
Ki Hajar Dewantara mengatakan dalam melakukan perubahan dibutuhkan prinsip,prinsip untuk mengatasi hal tersebut yaitu asas tricon
- kontinuitas yaitu tidak melupakan akar nilai budaya kebudayaan merupakan keharusan lanjutan langsung dari kebudayaan itu sendiri.
- konvergen yaitu pendidikan harus memanusiakan manusia,konvergensi kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia atau kemanusiaan.
- konsentris yaitu pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan murid
konsentris harus mempunyai karakteristik dan sifat kepribadian sendiri sebagai pusatnya dalam lingkungan kebudayaan dunia atau kemanusiaan.
maka dengan menggunakan asas tricon sebagai prinsip melakukan perubahan kebudayaan bangsa Indonesia tidak akan Tertinggal.
kebudayaan Indonesia akan berjalan beriringan dengan kebudayaan lain dan memiliki karakter dan ciri khasnya sendiri