Hal Penting Dalam Pembelajaran Dengan Paradigma Baru
Capaian Pembelajaran Dalam Kurikulum
·
Kompetensi kompetensi pada Capaian Pembelajaran
diturunkan menjadi Tujuan Pembelajaran (TP)
·
yang
tersusun sebagai sebuah alur satu fase yang disebut Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP)
·
ATP Digunakan untuk menentukan modul ajar yang
kita kembangkan maupun kita pilih
·
Kompetensi
pada pembelajaran intrakulikuler sebeumnya mencakup pada ranah
>. Sikap
>. Pengetahuan
>. Keterampilan
·
Pada Capaian Pembelajaran Kompetensi dibuat
sebagai sebuah kesatuan
·
Kompetensi adalah rangkaian proses belajar
kompstensi ilmu pengetahuan
·
Asesmen cukup melihat pada kompetensi yang ada
pada capaian pembelajaran
·
Capaian pembelajaran disusun sesuai tahapan
perkembangan murid sesuai usiana (Teaching at the righat level)
·
Melalui konsep (Teaching at the righat level)
murid murid mendapatkan pembelajaran yang disesuaikan tingkat capaian
pembelajarnnya.
·
Untuk membantu (Teaching at the righat level) pendidik
dapat melakukan asesemen diagnostik setelah itu
·
Pembelajaran Berdiferensi.
>. Murid dapat dikelompokan sesuai
kompetensi awal
>. Penyusunan pembelajaran sesuai
kompetensi awalnya
>. Membedakan aktifitas pembelajran
bukan atau konten isi
·
Penerapan Teaching at the righat level misalnya
>. Intervensi yang sesuai bila Ditemukan
murid yang kemempuan CP belum sampai levelkelasnya
>. Intervensi dilakukan untuk
menuntaskan kebutuhan belajarnya
·
Capaian Pembelajaran menjadi acuan Tujuan Pembelajaran
Sumber :
Belajar Mandiri
Kompetensi, Capaian Pembelajaran dan
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila Menggambarkan karakteristik pelajar yang diharapkan
akan terbangun dengan perkemnbangan dan tujuan proses pendidikan setiap
individu.diperlukan kerjasama dari satuan pancasila.
Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman,Bertakwa
kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
·
Mandiri
·
Bernalar kritis
·
Kreatif
·
Bergotong Royong
·
Berkebinekaan
global
Profil pelajar pancasila
merupakan karakter dan kompetensi yang menjadi fokus sistem pendidikan
Enam dimensi PP Menjadi
rujukan guru saat CP Mnejadi Alur Tujuan / modul ajar
Cara menanamkan Profil Pelajar Pancasila
dikelas
·
Menganalisis
kebutuhan dan keinginan
·
Mengumpulkan
data mengenai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan dilingkungan secara
kelompok
·
Mewawancarai
nara sumber
·
Menganalisis
resiko
·
Diakhir
pembelajaran dibuat sebuah tujuan berdasarkan materi ajar
Sumber
Belajar mandiri
Struktur Pembelajaran dalam Kurikulum
Merdeka
Kurikulum Merdeka ( Kurikulum
Prototipe) Memuat
·
Intrkulikuler
Berisi Muatan
mata pelajaran atau mulok tambahan jika
ada dilingkunagn satuan pendidikannya
·
Ekstrkulikuler
Diadakan pada
pembelajaran dengan kurikulum Merdeka,pelaksanaannya dapat dikembangakan sesuai
dengan minat murid
·
Program penguatan profil pelajar pancasila
DI bantu dengan
Program pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri
dari
a. Gaya Hidup
berkelanjutan
b. Kearifan Lokal
c. Bhineka Tunggl ika
d. Bangunlah Jiwa dan Raganya
e. Sura Demokrasi
f. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
g. Kewirausahaan
Kegiatan ini
mempunyai alokasi waktu sendir tidak terikat pada mapel laini asesmennya
berfokus pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Asesmen Merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengetahui kebutuhan belajar dan pencapaian hasil belajar
Tiga Alternatif dan ciri Model
Pembelajaran yang dapat diadaptasi
a.
Model Reguler
Model yang paling umum
digunakan
b.
Model Blok
Waktu pelajaran dikelola dalam
bentuk blok blok waktu
c.
Model Kolaborasi
Guru berkolaborasi sedemikian rupa dalam suatu
pembelajaran terpadu