Karakteristik Kurikulum Merdeka
Karakteristik Kurikulum Merdeka
1 . kurikulum Merdeka lebih fokus pada materi yang esensial
2 . karakteristik yang
kedua struktur kurikulum yang lebih fleksibel
3 . Karakteristik yang
ketiga tersedianya banyak perangkat pembelajaran
Perubahan Yang harus
dilakukan dalam Penerapan kurikulum merdeka
Konsekuensi yang paling
pentingadalah Bapak Ibu ajar memahami filosofi dan paradigma yang melandasi
kurikulum merdeka dan menerjemahkan kurikulum Merdeka menjadi kurikulum
operasional yang sesuai dengan karakteristik masing-masing satuan pendidikan.
Tiga
hal untuk menerjemahkan kurikulum Merdeka menjadi kurikulum operasional
1. Menerjemahkan capaian pembelajaran menjadi
alur tujuan,
Penjelasannya Dalam
kurikulum kompetensi tidak lagi dibagi antara pengetahuan keterampilan dan
sikap karena sebuah kompetensi selalu merupakan perpaduan dari ketiga. Selain
itu dalam kurikulum Merdeka capaian pembelajaran tidak ditetapkan setiap tahun
melainkan setiap fase. Bisa 1 tahun 2 tahun atau tidak tahu karena ditetapkan pada
fase capaian pembelajaran harus diterjemahkan menjadi kompetensi-kompetensi
yang lebih kecil yang bisa dicapai dalam periode waktu yang lebih singkat
dengan kata lain satuan pendidikan Harus merumuskan selain menerjemahkan
capaian pembelajaran menjadi alur tujuan belajar
2. Belajar merancang pembelajaran berbasis
proyeksatuan pendidikan juga harus merancang pembelajaran berbasis proyek
struktur kurikulum Merdeka dibagi menjadi dua intrakurikuler dan kokurikuler
bagian kokurikuler inilah yang berisi pembelajaran berbasis proyek pembelajaran
berbasis proyek ini sebenarnya tidak mengacu pada satu metode pembelajaran yang
spesifik.
Ciri pembelajaran
berbasis projek
A. pembelajaran bersifat lintas mata
pelajaran sehingga mendorong murid untuk melihat keterkaitan antara materi dari
satu pelajaran dengan pelajaran yang lainnya
B. pembelajaran berbasis proyek bersifat
aplikatif bukan berbasis buku teks saja tetapi dirancang untuk menyelesaikan
problem menjawab isu tertentu atau membuat karya seperti karya seni pertunjukan
atau produk yang bermakna dengan demikian murid melihat bahwa ilmu pengetahuan
bisa dalam kurikulum Merdeka jam pelajaran tidak dikunci perminggu
melainkan direlevan bagi kehidupan mereka
C. pembelajaran berbasis proyek dilakukan
dalam kelompok tujuannyai memberi kesempatan belajar bagi murid untuk
berkomunikasi berkolaborasi , menyelesaikan perbedaan pendapat dan konflik
murid juga menjadi lebih Mandiri dalam mengelola proses belajarnya dan ini
adalah modal yang sangat penting untuk menjadi pelajar sepanjang hayat
Project yang
paling baik adalah projek yang sesuai dengan kondisi dan konteks lokal
dalam kurikulum Merdeka.
pembelajaran berbasis
proyek diberi jam pelajaran tersendiri yang cukup banyak karena itu satuan
pendidikan harus merencanakannya secara terpadu selain membuat alur
tujuan
3. menyusun struktur kurikulum operasional
untuk satuan pendidikan.
Kurikulum Merdeka jam
pelajaran
tidak dikunci per minggu
melainkan ditentukan pertahun satuan pendidikan Pembagian jam pelajaran
harus dirumuskan bersamai dalam kurikulum operasi
Selain itu ada beberapa
perubahan yang khas di setiap jenjang yang perlu diakomodasi dalam kurikulum
koperasi untuk SD dan sederajat ada pilihan untuk memasukkan bahasa Inggris
sebagai mata pelajaran pilihan satuan pendidikan perlu memutuskan Apakah ini sesuai
dengan visi misi sekolah dan jika demikian persiapan Apa yang perlu dilakukan
oleh sekolah untuk SMP dan sederajat ada mata pelajaran Informatika yang
sekarang jadi wajib untuk SMA dan sederajat tidak ada lagi peminatan IPA IPS
dan diganti dengan pilihan mata pelajaran 12 ke-12
Kurikulum MERDEKA
dirancang untuk semua jenjang
- PAUD
Di PAUD ditekankan
·
anak
senang belajar,
·
Mengedapankan
literasi,
·
merancang
basis kegiatan
Implemantasinya perlu menyediakan
banyak buku bacaan,Guru perlu banyak belajar menggunakan buku sebagai alat
pembelajaran
2.
Sekolah
Dasar (SD)
·
Penggabungan
IPA Dan IPS Menjadi IPAS
·
Pembelajaran
berbasis projek yang merupakan konteks tual,kolaboratif berorientasi pada
problem dan karya
·
Pembelajaran
olahraga dan kesenian menjadi lebih banyak praktik tanpa banyak teori
·
Olahraga
berisi tentaangg pembelajaran kebugaran
·
Kesenian
berisi kegiatan kegiatan berkarya untuk melatih bakat seni
·
Tidak
ada bulu teks olahraga dan seni
·
Bahasa
Inggris menjadi mapel pilihan dengan syarat SDM yang sudah memadai
Implikasinya : capaian belajara kurikulum
Merdeka beserta elemendan tahap perkembangan profil pancasila,perlu menyusun
rencangan pembelajaran berbasis projek
3.
SMP
Atau MTS
·
Informatika
pelajaran Wajib berkecakapan berfikir logis dan sistematis
Implikasinya : Guru
berlatar belakan Informatika,matematika atau IPA perlu disiapkan untuk
memeahami capaian pembelajaran Informatika,Untuk Seni dan Olahraga hampir sama
dengan jenjang SD
4.
SMA
·
Tidak
adanya minat IPA,IPS,Bahasa
·
Mapel
Kelas 10 Persis seperti SMP
·
Muatan
IPA Dan IPS Menjadi Satu Mapel
·
Satuan
Pendidikan bisa memilih pembelajaran MAPEL IPA,IPS,Bahasa secara paralel atau
lainnya.
·
Explorasi
minat dikelas 10 lebih dikedepankan
Implikasinya : guru
diharapkan bisa mengarahkan minat siswa untuk jenjang berikutnya,dikelas 11 dan
12 siswa diperbolehkan memilih minat mapel mipa,sosial,bahasa,pokasi
danprakarya.yang ideal nya dua pilihan mapel diluar mapel umum.