Karakteristik Kurikulum Merdeka


Karakteristik Kurikulum Merdeka


1 . kurikulum Merdeka lebih fokus pada materi yang esensial 

2 . karakteristik yang kedua struktur kurikulum yang lebih fleksibel 

3 . Karakteristik yang ketiga tersedianya banyak perangkat pembelajaran

 


Perubahan Yang harus dilakukan dalam Penerapan kurikulum merdeka

Konsekuensi yang paling pentingadalah Bapak Ibu ajar memahami filosofi dan paradigma yang melandasi kurikulum merdeka dan menerjemahkan kurikulum Merdeka menjadi kurikulum operasional yang sesuai dengan karakteristik masing-masing satuan pendidikan.

 

Tiga hal untuk menerjemahkan kurikulum Merdeka menjadi kurikulum operasional

 

1.      Menerjemahkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan,

Penjelasannya Dalam kurikulum kompetensi tidak lagi dibagi antara pengetahuan keterampilan dan sikap karena sebuah kompetensi selalu merupakan perpaduan dari ketiga. Selain itu dalam kurikulum Merdeka capaian pembelajaran tidak ditetapkan setiap tahun melainkan setiap fase. Bisa 1 tahun 2 tahun atau tidak tahu karena ditetapkan pada fase capaian pembelajaran harus diterjemahkan menjadi kompetensi-kompetensi yang lebih kecil yang bisa dicapai dalam periode waktu yang lebih singkat dengan kata lain satuan pendidikan Harus merumuskan selain menerjemahkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan belajar

2.      Belajar merancang pembelajaran berbasis proyeksatuan pendidikan juga harus merancang pembelajaran berbasis proyek struktur kurikulum Merdeka dibagi menjadi dua intrakurikuler dan kokurikuler bagian kokurikuler inilah yang berisi pembelajaran berbasis proyek pembelajaran berbasis proyek ini sebenarnya tidak mengacu pada satu metode pembelajaran yang spesifik.

Ciri pembelajaran berbasis projek 

A.      pembelajaran bersifat lintas mata pelajaran sehingga mendorong murid untuk melihat keterkaitan antara materi dari satu pelajaran dengan pelajaran yang lainnya 

B.      pembelajaran berbasis proyek bersifat aplikatif bukan berbasis buku teks saja tetapi dirancang untuk menyelesaikan problem menjawab isu tertentu atau membuat karya seperti karya seni pertunjukan atau produk yang bermakna dengan demikian murid melihat bahwa ilmu pengetahuan bisa  dalam kurikulum Merdeka jam pelajaran tidak dikunci perminggu melainkan direlevan bagi kehidupan mereka

C.      pembelajaran berbasis proyek dilakukan dalam kelompok tujuannyai memberi kesempatan belajar bagi murid untuk berkomunikasi berkolaborasi , menyelesaikan perbedaan pendapat dan konflik murid juga menjadi lebih Mandiri dalam mengelola proses belajarnya dan ini adalah modal yang sangat penting untuk menjadi pelajar sepanjang hayat

 Project yang paling baik adalah projek yang  sesuai dengan kondisi dan konteks lokal dalam kurikulum Merdeka.

pembelajaran berbasis proyek diberi jam pelajaran tersendiri yang cukup banyak karena itu satuan pendidikan harus merencanakannya secara terpadu selain membuat alur tujuan 


3.      menyusun struktur kurikulum operasional untuk satuan pendidikan.

Kurikulum Merdeka jam pelajaran 

tidak dikunci per minggu melainkan ditentukan pertahun satuan pendidikan Pembagian jam pelajaran harus dirumuskan bersamai dalam kurikulum operasi 

Selain itu ada beberapa perubahan yang khas di setiap jenjang yang perlu diakomodasi dalam kurikulum koperasi untuk SD dan sederajat ada pilihan untuk memasukkan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan satuan pendidikan perlu memutuskan Apakah ini sesuai dengan visi misi sekolah dan jika demikian persiapan Apa yang perlu dilakukan oleh sekolah untuk SMP dan sederajat ada mata pelajaran Informatika yang sekarang jadi wajib untuk SMA dan sederajat tidak ada lagi peminatan IPA IPS dan diganti dengan pilihan mata pelajaran 12 ke-12

 

Kurikulum MERDEKA dirancang untuk semua jenjang



  1.  PAUD

Di PAUD ditekankan 

·         anak senang belajar,

·         Mengedapankan literasi,

·         merancang basis kegiatan

Implemantasinya perlu menyediakan  banyak buku bacaan,Guru perlu banyak belajar menggunakan buku sebagai alat pembelajaran



2.            Sekolah Dasar (SD)

·         Penggabungan IPA Dan IPS Menjadi IPAS

·         Pembelajaran berbasis projek yang merupakan konteks tual,kolaboratif berorientasi pada problem dan karya

·         Pembelajaran olahraga dan kesenian menjadi lebih banyak praktik tanpa banyak teori

·         Olahraga berisi tentaangg pembelajaran kebugaran

·         Kesenian berisi kegiatan kegiatan berkarya untuk melatih bakat seni

·         Tidak ada bulu teks olahraga dan seni

·         Bahasa Inggris menjadi mapel pilihan dengan syarat SDM yang sudah memadai

 

Implikasinya : capaian belajara kurikulum Merdeka beserta elemendan tahap perkembangan profil pancasila,perlu menyusun rencangan pembelajaran berbasis projek 



3.            SMP Atau MTS

·         Informatika pelajaran Wajib berkecakapan berfikir logis dan sistematis

 

Implikasinya : Guru berlatar belakan Informatika,matematika atau IPA perlu disiapkan untuk memeahami capaian pembelajaran Informatika,Untuk Seni dan Olahraga hampir sama dengan jenjang SD



4.            SMA 

·         Tidak adanya minat  IPA,IPS,Bahasa

·         Mapel Kelas 10 Persis seperti SMP

·         Muatan IPA Dan IPS Menjadi Satu Mapel

·         Satuan Pendidikan bisa memilih pembelajaran MAPEL IPA,IPS,Bahasa secara paralel atau lainnya.

·         Explorasi minat dikelas 10 lebih dikedepankan

 

Implikasinya : guru diharapkan bisa mengarahkan minat siswa untuk jenjang berikutnya,dikelas 11 dan 12 siswa diperbolehkan memilih minat mapel mipa,sosial,bahasa,pokasi danprakarya.yang ideal nya dua pilihan mapel diluar mapel umum.

 

MADING

Pembelajaran Menggunakan Media

Link Dan Publikasi Iklan

Media Tanam Arang Sekam

Foto: Dari Mang Emul : .
Bilih Bade Pesen
Arang Sekam
wa..wenyahh mang emulna

Galangan Dana Pembangunan Pondok Pesantren