Pembuatan Soal Uraian
Ujian Sekolah Di
SD NEGERI PANULISAN 04
Kelas Enam
Semester Dua
Tahun 2022 / 2023
Isi Materi
4 .Kosong
Langkah 1
Ranah Membuat Soal
Pembuatan soal harus memperhatikan berbagai Ranah ranah,menurut Kata Kerja Oprasional Anderson Terbagi Menjadi:
1. RANAH KOGNITIF
terdiri dari
A. Mengingat :
A. Mengingat :
Memasangkan
Membaca
Memberi indeks
Memberi kode
Memberi label
Membilang
Memilih
Mempelajari
Menamai
Menandai
Mencatat
Mendaftar
Menelusuri
Mengenali
Menggambar
Menghafal
Mengidentifikasi
Mengulang
Mengutip
Meninjau
Membaca
Memberi indeks
Memberi kode
Memberi label
Membilang
Memilih
Mempelajari
Menamai
Menandai
Mencatat
Mendaftar
Menelusuri
Mengenali
Menggambar
Menghafal
Mengidentifikasi
Mengulang
Mengutip
Meninjau
B. Memahami (Understand)
Melakukan inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Membedakan
Memberi contoh
Membeberkan
Memperkirakan
Memperluas
Mempertahankan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mencontohkan
Mendiskusikan
Menerangkan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengasosiasikan
Mengekstrapilasi
Mengelompokkan
Mengemukakan
Menggali
Menggeneralisasikan
Menggolong-golongkan
Menghitung
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasikan
Mengkategorikan
Mengklasifikasi
Mengkontraskan
Mengubah
Menguraikan/mendiskripsikan
Menjabarkan
Menjalin
Menjelaskan
Menterjemahkan
Mentranslasi
Menunjukkan
Menyimpulkan
Merangkum
Meringkas
Mengidentifikasi
Meniru
Mentabulasi
Menulis
Menunjukkan
Menyadari
Menyatakan
Menyebutkan
Mereproduksi
Menempatkan
Melaporkan
Membandingkan
Membedakan
Memberi contoh
Membeberkan
Memperkirakan
Memperluas
Mempertahankan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mencontohkan
Mendiskusikan
Menerangkan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengasosiasikan
Mengekstrapilasi
Mengelompokkan
Mengemukakan
Menggali
Menggeneralisasikan
Menggolong-golongkan
Menghitung
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasikan
Mengkategorikan
Mengklasifikasi
Mengkontraskan
Mengubah
Menguraikan/mendiskripsikan
Menjabarkan
Menjalin
Menjelaskan
Menterjemahkan
Mentranslasi
Menunjukkan
Menyimpulkan
Merangkum
Meringkas
Mengidentifikasi
Meniru
Mentabulasi
Menulis
Menunjukkan
Menyadari
Menyatakan
Menyebutkan
Mereproduksi
Menempatkan
C . Mengaplikasikan (Applay)
Melaksanakan
Melakukan
Melatih
Membiasakan
Memodifikasi
Mempersoalkan
Memproses
Mencegah
Menentukan
Menerapkan
Mengadaptasi
Mengaitkan
Mengemukakan
Menggali
Menggambarkan
Menggunakan
Menghitung
Mengimplementasikan
Mengkalkulasi
Mengklasifikasi
Mengkonsepkan
Mengoperasikan
Mengurutkan
Mensimulasikan
Mentabulasi
Menugaskan
Menyelidiki
Menyesuaikan
Menyusun
Meramalkan
Menjalankan
Mempraktekkan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
D . Menganalisis (Analyze)
Melatih
Memadukan
Memaksimalkan
Membagankan
Membeda-bedakan
Membuat struktur
Memecahkan
Memerintah
Memfokuskan
Memilih
Menata
Mencerahkan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Mendiagramkan
Menegaskan
Menelaah
Menetapkan sifat/ciri
Mengaitkan
Menganalisis
Mengatribusikan
Mengaudit
Mengedit
Mengkorelasikan
Mengorganisasikan
Menguji
Menguraikan/mendiskripsikan
Menjelajah
Menominasikan
Mentransfer
Menyeleksi
Merasionalkan
Merinci
E . Mengevaluasi (Evaluate)
Membuktikan
Memilih
Memisahkan
Memonitor
Memperjelas
Mempertahankan
Mempresiksi
Memproyeksikan
Memutuskan
Memvalidasi
Menafsirkan
Mendukung
Mengarahkan
Mengecek
Mengetes
Mengkoordinasikan
Mengkritik
Mengkritisi
Menguji
Mengukur
Menilai
Menimbang
Menugaskan
Merinci
Membenarkan
Menyalahkan
F . Mencipta (Create)
Memadukan
Membangun
Membatas
Membentuk
Membuat
Membuat rancangan
Memfasilitasi
Memperjelas
Memproduksi
Memunculkan
Menampilkan
Menanggulangi
Menciptakan
Mendikte
Menemukan
Mengabstraksi
Menganimasi
Mengarang
Mengatur
Menggabungkan
Menggeneralisasi
Menghasilkan karya
Menghubungkan
Mengingatkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengkombinasikan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Mengumpulkan
Mengusulkan hipotesis
Menyiapkan
Menyusun
Merancang
Merekonstruksi
Merencanakan
Mereparasi
Merumuskan
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
2 . RANAH AFEKTIF (A)
A1.Menerima A2.Merespon A3.Menghargai
Mengikuti Mompromikan Mengubah
Menganut Menyenangi Meyakini
Mematuhi Menyambut Meyakinkan
Meminati Mendukung Memperjelas
Menyetujui Memprakarsai
Menampilkan Mengimni
Melaporkan Menekankan
Memilih Menyumbang
Mengatakan
Memilah
Menolak
A4.Menghayati A5. Karakteristik Menurut Nilai
Mengubah Membiasakan
Menata Mengubah Prilaku
Mengklasifikasikan Berakhlak Mulia
Mempertahankan Mempengaruhi
Membangun
Mengkualifikasikan
Perhitungan nilai Menggunakan rumus:
Atau dapat pula menggunakan sebuah keterangan misalnya
Keterangan: i
Membentuk Pendapat Melayani
Memadukan Membuktikan
Mengelola Memecahkan
Menegosiasikan
Merembuk
Bersyukur
C . RANAH PSIKOMOTOR (P)
P1.Meniru P2.Manipulasi P3.Presisi
Menyalin Kembali Membuat Menunjukan
Mengikuti Membangun Melengkapi
Merepleksi Melakukan Menyempurnakan
Mengulangi Melaksanakan Menkalibrasi
Mematuhi Meenerapkan Mengendalikan
P4.Artikulasi P5.Naturalisasi
Membangun Mendesain
Mengatasi Menentukan
Menggambungkan Koordinat Mengelola
Mengintegrasikan
Beradaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
Master
Langkah Satu Selesai
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KAIDAH KAIDAH SOAL URAIAN DAN PENSEKORAN
Sumber Tulisan
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2019
PENGERTIAN SOAL URAIAN
Adalah :Soal yang menuntut peserta didik untuk mengorganisasikan gagasan-gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya. dengan Jawaban dikemukakan dalam bentuk uraian tertulis.
KEUNGGULAN SOAL URAIAN
- Dapat mengukur kemampuanmenyajikan
- jawaban terurai secara bebas,
- Mengorganisasikanpikiran
- Mengemukakanpendapat,
- Mengekspresikan gagasan-gagasan dengan
- menggunakan kata-kata atau kalimatsendiri.
KETERBATASAN SOALURAIAN
- Jumlah materi atau pokok bahasan relatif
- terbatasWaktu pemeriksaan jawaban yang lama
- skor relatif subjektif
- reliabilitas relatif lebih rendah dibandingkan tes obyektif (PG). Reliabilitas yang rendah bergantung pada penskor tes(inter-raters reliability)
BENTUK SOAL URAIAN
Objektif
Soal Yang Mengukur Kemampuan Peserta Didik Menguraikan Konsep Tetentu secara pasti sesuai materi sehingga pensekoran dilakukan secara Objektf.
UraianNon-objektif
Soal Yang Mengukur Kemampuan Peserta Didik Menguraikan PENDAPAT Tetentu sesuai materi sehingga pensekoran sukar dilakukan secara Objektf.
KAIDAH PENULISAN
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam menulis soal dari segi Materi adalah :
- Soal harus sesuai dengan indikator.
- Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan (ruanglingkup) harus jelas
- Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran, misalnya soal ekonomi harus menanyakan kompetensi ekonomi, bukan kompetensi matematika atau yang lainnya.
- Materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, atau tingkat kelas.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Soal Dari Segi Kontruksi
- Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan kata tanya atau
- perintah yang menuntut jawaban terurai, seperti: mengapa, uraikan,jelaskan, bandingkan, hubungkan, tafsirkan, buktikan,hitunglah.
- Buatlah petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakansoal
- Harus Segera Membuat pedoman penskoran soal.
- Hal-hal lain yang menyertai soal seperti tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya harus disajikan dengan jelas, berfungsi, dan terbaca, sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda dan juga bermakna.
- Rumusan butirsoal menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif.
- Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik atau kelompoktertentu
- Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata/kalimat yangmenimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
- Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi bahasa dan budaya.
- Jangan menggunakan bahasa yang berlakusetempat.
Pensekoran Soal uraian
PedomanPenskoran
Panduan atau petunjuk untuk penskor dibuat dalam bentuk
matriks berisi kolom kata kunci/kriteria jawaban, dan kolom skor.
Disusun setelah soal ditulis
Soal uraian objektif: batasan atau kata-kata kunci atau konsep
Soal uraian nonobjektif: kemungkinan-kemungkinan jawaban atau kriteria-kriteria jawaban
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN
PEDOMAN PENSKORAN
Uraian Obyektif =
- Tuliskan semua jawaban benar atau kata kunci jawaban dengan jelas untuk setiap nomor soal.Setiap kata kunci diberi skor 1 (satu).
- Apabila suatu pertanyaan mempunyai beberapa subpertanyaan, rincilah kata kunci dari jawaban soal tersebut menjadi beberapa kata kunci subjawaban.
- Kata-kata kunci ini dibuatkan skornya (masing-masing 1).
- Jumlahkan skor dari semua kata kunci yang telah ditetapkan pada soal.
- Jumlah skor ini disebut skor maksimum dari satu soal.
UraianNon-Obyektif
- Tuliskan garis-garis besar jawaban sebagai kriteria jawaban untuk dijadikan pedoman atau dasar dalam memberi skor.
- Kriteria jawaban disusun sedemikian rupa sehingga pendapat/pandangan pribadi peserta didik yang berbeda dapat diskor menurut mutu uraian jawabannya
- Tetapkan rentang skor untuk tiap garis besar jawaban.
- Rentang skor terendah 0 (nol), sedangkan rentang skor tertinggi ditentukan berdasarkan kualitas jawaban/ keadaan jawaban yang dituntut oleh soal itu sendiri.
- Semakin kompleks jawaban, rentang skor semakin besar.
- Untuk memudahkan penskoran, setiap rentang skor diberi rincian berdasarkan kualitas jawaban, misalnya untuk rentang skor 0 - 3: jawaban tidak baik 0, agak baik 1, baik 2, sangat baik 3.
- Kriteria kualitas jawaban (baik tidaknya jawaban) ditetapkan oleh penulis soal .
- Jumlahkan skor tertinggi dari tiap-tiap rentang skor yang telah ditetapkan.
- Jumlah skor dari beberapa kriteria ini disebut skor maksimum dari satusoal
UraianNon-Obyektif
- Tuliskan garis-garis besar jawaban sebagai kriteria jawaban untuk dijadikan pedoman atau dasar dalam memberi skor.
- Kriteria jawaban disusun sedemikian rupa sehingga pendapat/pandangan pribadi peserta didik yang berbeda dapat diskor menurut mutu uraian jawabannya.
- Tetapkan rentang skor untuk tiap garis besar jawaban.
- Rentang skor terendah 0 (nol), sedangkan rentang skor tertinggi ditentukan berdasarkan
- kualitas jawaban/ keadaan jawaban yang dituntut oleh soal itu sendiri. Semakin kompleks jawaban, rentang skor semakin besar.
- Untuk memudahkan penskoran, setiap rentang skor diberi rincian berdasarkan kualitas
- jawaban, misalnya untuk rentang skor 0 - 3: jawaban tidak baik 0, agak baik 1, baik 2, sangat baik 3.
- Kriteria kualitas jawaban (baik tidaknya jawaban) ditetapkan oleh penulissoal
- Jumlahkan skor tertinggi dari tiap-tiap rentang skor yang telah ditetapkan.
- Jumlah skor dari beberapa kriteria ini disebut skor maksimum dari satu soal.
Bobot
Dalam memberikan bobot perhatikan Angka yang akan diberikan untuk menggambarkan tingkat kedalaman dan kompleksitas butir soal.sehingga nilai angka ditentukan dengan cara membandingkan kedalaman materi dan kompleksitas antar butir soal atau antar bentuk soal yang ada.nilai angka dapat menggunakan skala rentang 0-10 atau 0-100
Bobot antar soal uraian
- tergantung kompleksitas darijawabannya
- tergantung dari kedalaman materi setiap butirsoal
- Apabila dalam satu instrumen tes terdapat lebih dari satu bentuk soal,perlu dilakukan pembobotan antarbentuksoal.
- penentuan bobot antarbentuk soal dilakukan berdasarkan kesepakatan gurumapel atau pembuat kebijakan.
Perhitungan nilai Menggunakan rumus:
Atau dapat pula menggunakan sebuah keterangan misalnya
Keterangan: i
bobot. N = Nilai untuk satu nomor soal tertentu setelah dikalikan dengan i
A = Skor perolehan peserta didik pada satu nomor soal tertentu.
C = Skor maksimum untuk nomor soal itu.
B = Bobot soal dari soal itu.
A = Skor perolehan peserta didik pada satu nomor soal tertentu.
C = Skor maksimum untuk nomor soal itu.
B = Bobot soal dari soal itu.
i
Jumlahkan semua nilai (N) yang telah diperoleh peserta didik dalam
perangkat tes. Jumlah ini disebut nilai akhir dari satu perangkat tes uraian
yang disajikan.
Jumlahkan semua nilai (N) yang telah diperoleh peserta didik dalam
perangkat tes. Jumlah ini disebut nilai akhir dari satu perangkat tes uraian
yang disajikan.
Penentuan Bobot antarsoal uraian
No B SM SP NP
1 30 4 2/4 X 30 15
2 20 6 3/6 X 20 10
3 20 8 8/8 X 20 20
4 30 5 5/5 X 30 30
Nilai perolehan (NP) = 75
B = Bobot
SM = SkorMaksimu